Senin, 09 Desember 2013

Libre Office.org

Libre Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan membantu Anda di tempat kerja,sekolah, rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi. LibreOffice.org, dikembangkan oleh Sun Microsystems. Dari sisi fitur, harus diakui LibreOffice.org belum bisa dibandingkan dengan Microsoft Office.

Komponen-komponen libreOffice.org

  1. Word processing (Writer)
  2. Spreadsheet (Calc)
  3. Presentation (Impress)
  4.  Database (Base)
  5.  Drawing/Graphics (Draw)
  6. Formula/Math (Math)
  7. Ketersediaan source code


LibreOffice.org adalah free/libre source software. Artinya, source code LibreOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL). Dari sisi lisensi, ini artinya pengguna tidak perlu mengeluarkan sepeser uangpun untuk membeli lisensi penggunaan. 
Berjalan pada banyak platform

Microsoft Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Sementara, LibreOffice.org berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD. Dengan menggunakan LibreOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.
Format LibreDocument yang terbuka dan fleksibel

LibreOffice.org 2.x menggunakan format dokumen LibreDocument, yang sangat terbuka. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format LibreOffice.org.
 Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah

Dengan menggunakan LibreOffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung diekspor ke format lain, seperti PDF atau Flash dengan mudah, tanpa membutuhkan programatau pustaka tambahan.
Format LibreDocument yang terbuka dan fleksibel
Akses database yang luas dan transparan. LibreOffice.org datang dengan dukungan database yang luas. Dengan dukungan berbagai driver natif, ODBC dan JDBC, Anda bisa menghubungkan LibreOffice.org dengan hampir semua database system populer yang ada di dunia ini. LibreOffice.org sejak versi 2.x bahkan datang dengan database front end Base yang sangat mirip dengan Microsoft Access.
Macro dalam berbagai bahasa pemrograman

Macro dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office. Dengan LibreOffice.org, macro dapat dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Python dan Javascript, disamping LibreOffice.org Basic. Dukungan bahasa ini akan terus bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar